Powered By Blogger

Kamis, 16 April 2020

Cara Memilih Jurusan Yang Tepat







Galau? bingung? Pusing? Ya, itu mungkin yang dirasakan oleh fresh graduate anak SMP dan SMA ketika ingin masuk ke SMK ataupun ke Universitas.

Baca juga : Cara Menyimpan Video di Facebook Tanpa Aplikasi.


Memilih suatu jurusan memang harus benar benar kita pikirkan. Mengapa? Ya, karena kalau kita salah mengambil jurusan ,kita bisa menyesal saat sudah dalam masa pendidikan berlangsung. Sehingga pembelajaran yang mungkin menyenangkan akan menjadi tidak nyaman dan pastinya akan menurunkan semangat kalian dalam belajar ,karena tidak sesuai dengan potensi atau kemampuan yang kita miliki. 


Berdasarkan pengalaman pribadi dan keluh kesah teman teman saya. Berikut ini cara yang tepat untuk kalian yang galau akan memilih jurusan. 


1. Sesuaikan dengan Minat & Keinginan.

Yang paling penting ni sobat sekalian, dalam memilih jurusan ,kalian harus sesuaikan dengan minat dan keinginan kalian lo. Nah ini ,kalian harus benar benar ikuti hati kalian masing masing. Seperti apa yang kalian inginkan sebenarnya ,atau sesuaikan dengan cita cita kalian dari kecil.


2. Melihat Potensi Diri.

Dalam memilih jurusan ,kalian harus sesuaikan dengan potensi dan kemampuan yang ada pada diri kalian lo, jadi jika kita memilih jurusan yang sesuai dengan potensi diri kalian ,saya jamin selama pembelajaran akan terasa menyenangkan dan menambah semangat kalian untuk meraih masa depan.


3. Jangan Mengikuti Orang lain.

Nah yang ini sering terjadi lo sobat sekalian ,banyak yang ngambil jurusan hanya mengikuti teman, katanya si.. biar samaan gitu ,tapi ini fatal. Mengambil jurusan hanya ikut ikut ,dan tidak melihat potensi diri kita ,akibatnya bisa saja jurusan yang kita ambil tidak sesuai dengan kemampuan kita. Sekali lagi saya tegaskan  ikuti hati kalian ,ikuti potensi diri kalian ,karena kemampuan seseorang itu berbeda-beda.

4. Cari Informasi Beberapa Sekolah & Universitas.

Sebelum kalian ingin mendaftar ke sekolah atau universitas ,sebaiknya kalian cari dulu deh tentang informasi sekolah kalian , seperti jurusan apa si yang menjadi unggulan sekolah tersebut.

5. Peluang Kerja.

Jangan lupa sama yang ini juga ,kalian sekolah untuk masa depan toh? Jadi pilihlah jurusan yang memiliki peluang kerja lebih besar. Sehingga itu memudahkan anda untuk mendapatkan pekerjaan. Dan pastinya masa depan akan terlihat di depan mata kalian.


Baca juga : Bermain Sosmed Bisa Menyebabkan Gangguan Mental Penggunanya.


Terima kasih atas kunjungan kalian ,jangan lupa share ke teman teman kalian yang lagi galau. Semoga bermanfaat untuk hidup kalian ,dan menjadi keberkahan untuk kita semua. Selalu dukung saya dan jangan lupa mampir lagi. :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hal yang terjadi setelah corona berakhir

Tahun 2020 adalah tahun dimana seluruh dunia sedang berduka. Adanya virus yang menyerang dunia sampai saat ini belum mereda. Sampai ...